Proses Pengurusan Visa Turis

big circuit

Seperti mayoritas negara pada umumnya, Rusia juga menyediakan berbagai jenis visa yang bisa kita ajukan, mulai dari visa turis, visa kerja, hingga visa undangan. Proses pengurusannya juga tidak sesulit negara-negara bervisa lainnya. Dokumen yang diperlukan juga tidak setebal disertasi untuk S3. Jadi, selain nggak bikin abang-abang tukang fotokopi kaya, proses pengurusan visa ke Rusia juga nggak bikin kita botak dalam seketika.

Sebelum mengajukan visa ke kedutaan, agaknya kita perlu bahas lebih dulu jenis-jenis visa, yang ditawarkan Rusia.

  1. Visa Turis

Durasi visa turis di Rusia umumnya sama seperti negara lain, yaitu 30 hari. Nggak lebih, nggak kurang, dan nggak boleh nawar. Tapi, ada satu perbedaan yang amat mencolok di sini, yaitu Kedutaan Rusia biasanya mencantumkan tanggal sesuai dengan tiket yang kita beli, misalnya kalau situ beli tiket tanggal 12 Juni dan pulang tanggal 18 Juni, ya, di visa, Anda akan lihat tanggal yang sama. Bukan 12 Juni sampai 12 Juli seperti visa Schengen atau visa-visa lain yang pernah singgah di paspor Anda. Jadi, mohon dipikirkan baik-baik sebelum merencanakan perjalanan.

  1. Visa Kerja

Visa kerja Rusia tidak jauh berbeda dengan visa kerja negara lain alias kita perlu undangan dari negara yang bersangkutan dalam bahasa asli. Durasinya beragam, mulai dari satu tahun tapi satu kali masuk (nggak boleh bolak-balik pulang), hingga tiga tahun jenis multiple entry.

  1. Visa Undangan

Banyak orang yang salah kaprah dan mengira bahwa ini adalah visa undangan suami atau istri berkewarganegaraan Rusia. Sayangnya, boleh dibilang, anggapan itu salah total karena sebenarnya siapa pun yang mau, bisa membuat undangan semacam ini di kantor imigrasi di Rusia (FMS). Itu artinya, teman, keluarga, kenalan, gebetan, sepupu, adik, kakak, teteh, bibi, om, tante, bisa mengajukan undangan ini untuk Anda. Caranya, si tuan rumah/si pengundang harus isi formulir dan segala tetek-bengeknya di FMS, tunggu selama 21-30 hari kerja sampai undangan tersebut disetujui dan siap dikirim ke Indonesia. Durasi visa biasanya untuk 3 bulan.

  1. Visa bisnis

Visa bisnis di Rusia sistemnya mirip dengan visa bisnis Schengen. Biarpun kita dapat untuk 6 bulan, tapi kita tidak bisa tinggal di Rusia lebih dari 3 bulan berturut-turut tanpa keluar masuk. Visa jenis ini biasanya dipakai untuk undangan bisnis, acara seminar, lokakarya, konferensi, dan lain sebagainya langsung dari pihak di Rusia atau pihak Indonesia yang bekerja sama dengan Rusia.

  1. Visa pelajar

Visa pelajar untuk pergi ke Rusia sama dengan visa pelajar pada umumnya. Durasinya adalah sesuai dengan masa studi Anda. Oleh sebab itu, di sini Anda akan dimintai undangan dari lembaga yang bersangkutan.

Setelah tahu jenis visa apa yang diperlukan:

Anda bisa langsung buka situs Kedutaan Besar Federasi Rusia di Jakarta. https://visa.kdmid.ru/. Formulir ini wajib hukumnya dilengkapi secara daring (online). Ini memang kebijakan baru, dulu-dulu, waktu saya mengajukan visa untuk pertama dan kedua kalinya, formulir masih bisa diisi secara manual. Tapi, kira-kira sejak tahun 2016-an, peraturan berubah dan setiap orang yang mau mengajukan visa wajib melengkapi data dalam situs ini. Caranya nggak terlalu susah, cukup pilih bahasa di halaman pertama, lalu ikuti langkah-langkah selanjutnya. Tambahan: jangan lupa dicetak di kertas yang ukurannya pas, ya. Biasanya F4 karena A4 kadang terlalu kecil.

Bagi yang ingin mengajukan visa turis, inilah langkah-langkahnya:

  1. Rusia punya sistem sendiri untuk visa turis mereka. Bagi para wisatawan yang hendak berkunjung ke Rusia, WAJIB JIB JIB hukumnya membeli vaucer di salah satu agen pariwisata di Rusia yang sudah diberikan wewenang untuk mengeluarkan vaucer tersebut. Di dalam kertas yang akan kita terima melalui surel itu akan dicantumkan nama lengkap kita, data tentang paspor, tanggal kedatangan dan tanggal keberangkatan, domisili selama berada di Rusia (perlu dicantumkan Anda menginap di hotel apa dan alamatnya di mana), termasuk tujuan kunjungan. Intinya, vaucer ini punya kegunaan kurang lebih mirip dengan ’undangan’. Ada beberapa agen yang menyediakan jasa ini, misalnya:

Nama dan nomor paspor yang tertera di vaucer harus sesuai dengan data asli. Perlu diperhatikan ulang, ya, soalnya kadang-kadang agen pariwisata suka ceroboh dan ada kemungkinan mereka salah tulis nama kita.

Biayanya beragam, tergantung agen yang bersangkutan. Tapi, biasanya nggak lebih dari 50 USD. Bayarnya bisa langsung melalui sistem dengan bantuan kartu kredit, bukan kartu remi, apalagi kartu gaplek.

contoh vaucer
  1. Paspor (harus punya masa berlaku 6 bulan ke atas).
  2. Foto ukuran 3X4 sebanyak 2 lembar dengan latar belakang PUTIH. Berbeda dengan kedutaan-kedutaan lain, yang rewel minta foto terbaru, Kedutaan Rusia biasanya nggak memerhatikan tingkat kebaruan apalagi kekecean foto yang kita ambil. Saya sendiri biasanya pakai foto lama dari 5 tahun lalu karena inilah satu-satunya foto terbaik dalam hidup saya.
  3. Tiket pulang pergi dan bukti pemesanan hotel.

Apakah perlu rekening koran, bukti kalau Anda bekerja di kantor?

Tentang rekening koran, selama 5 kali mengajukan visa, sampai saat ini belum ada seorang pun yang kepo mau tahu tabungan saya berapa. Jadi, karena nggak pernah diminta, saya pun nggak pernah melampirkannya. Sementara itu, bukti kalau Anda bekerja sebenarnya sudah akan tercantum di dalam formulir yang Anda isi secara daring. Di sana, mereka akan meminta Anda untuk menunjukkan nama dan alamat perusahaan tempat Anda bekerja.

Berapa biayanya dan bisa atau tidak bayar pakai kartu kredit?

Bisa. Bisa ditolak maksudnya. Kedutaan Rusia hanya menerima uang tunai, dalam bentuk dolar atau rupiah, yang licin, baru, dan mulus. Kalau mau bayar pakai rupiah, Anda harus ikut kurs yang berlaku hari itu. Jadi, cuma Tuhan yang tahu berapa uang yang harus Anda bayarkan kalau pakai Rupiah saat itu.

Dan, kalau saya nggak salah (yang artinya saya benar), mereka nggak mau terima Dolar dengan seri C dan G. Jadi, untuk cari aman, waktu Anda tukar uang, minta yang serinya A, J, B (misalnya). Visa untuk turis untuk sekali masuk harganya 80 USD. Proses visa memakan waktu 4-20 hari kerja. Tapi….!!! Tapi, nih, kalau situ buru-buru dan memang nggak mau repot menunggu lama, bisa pakai jalur VIP alias ekspres. Harganya yang pasti dua kali lipat, dong, alias 160 USD. Prosesnya, yah, kalau nggak terlalu ramai orang mungkin 1-3 hari pun udah selesai.

Kesan saya waktu membuat visa di Kedutaan Rusia....

Selain ruang tunggunya yang ramai dan luas, hal lain yang membuat saya merasa nyaman mengurus visa sendiri di Kedutaan Rusia adalah pegawai di Kedutaan Rusia yang sopan-sopan. Pak Satpamnya baik-baik, petugas lainnya juga ramah-ramah. Jauh berbeda dengan bayangan kita tentang orang Rusia. Mereka amat sangat membantu, mulai dari pengecekan dokumen, informasi tentang apa saja yang kurang, sampai kalau kurang bayar pun mereka pasti akan tunggu kita sementara kita ambil uang di ATM terdekat.

Jam penyerahan visa hanya sampai jam 11 siang.

Kemungkinan ditolaknya kecil, kecuali situ mencurigakan atau mata-mata.

Facebook
Twitter
VK
Email

Добавить комментарий

Закрыть меню